Jumat, 23 Agustus 2013

Museum Bumiputera 1912

Tahukah anda dimana letak Museum Asuransi satu satunya di Indonesia??

Jika suatu saat anda dalam perjalanan atau sedang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah, singgahlah di Museum Bumiputera 1912 yang terletak di Jalan Jenderal A.Yani No. 21 Magelang. anda akan diantar ke sejarah industri perasuransian di negeri ini. Museum yang dibangun dengan gaya dan bentuk bangunan khas Jawa Tengah yaitu Rumah Joglo beratap lapis tiga berisi berbagai dokumen lama sejak periode 1912, foto foto, serta peralatan kantor yang digunakan oleh AJB Bumiputera 1912 pada masa lalu. 

Museum yang diresmikan oleh Walikota Magelang Drs. A Bagus Panuntun pada tanggal 20 Mei 1985, atau bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang juga dimaksudkan untuk melestarikan gagasan, cita cita luhur, dan karya pendiri Asuransi Bumiputera 1912. Di depan gedung berdiri tegak tiga tokoh pendiri yang berwujud tiga buah patung dari pendiri AJB Bumiputera 1912 dengan gagah perkasa menatap hari depan, menyemburkan semangat, dan merajut idealisme. Dengan melestarikan gagasan, cita cita, dan karya para pendiri Bumiputera, diharapkan kita sebagai generasi penerus ikut membangun bangsa melalui asuransi.

Untuk bisa mencapai museum ini anda dapat melakukan perjalanan darat dengan mengunakan kendaraan pribadi, bus, ataupun travel dari Yogyakarta (45 Km) atau dari Semarang (100Km), jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner Kupat Tahu dan Wajik khas Magelang yaa..

Tidak ada komentar: